Total Pageviews

Saturday, March 28, 2020

Tutorial cara edit bahasa game dengan HEX Editor

Assalamu'alaikum wr wb

Selamat malam guys!
Kali ini saya akan membagikan artikel cara edit bahasa game..

Yang pertama, khusus pengguna Android,kalian harus punya aplikasinya terlebih dahulu, salah satunya yaitu Hex Editor.apk.

Kalian bisa download di Playstore, atau bisa kalian download disini.

Hex editor adalah aplikasi paling bagus untuk edit bahasa game, seperti game GBC dan GBA.

Tapi kalian harus hafal Text table dari sebuah game,karena tidak semua game memiliki text table yang sama.

Yang paling mudah adalah edit bahasa game Zelda : Minish Cap dan One Piece,karena game-game ini mudah terbaca langsung ketika kita membukanya dengan Hex Editor, dan game-game di atas merupakan Text table ASCII.

Okay, pertama kita buka aplikasi Hex Editor nya. Seperti inilah tampilannya.
Buka Hex Editor dan sebagai contoh,buka ROM game GBA,ingat harus file game yang sudah di extrack,agar bisa terbaca.
Note: 
Orange: Search atau untuk mencari teks pada game
Hijau: Undo atau kembali ke editan sebelumnya.
Biru: Save atau untuk menyimpan editan.

Pertama, klik tanda search untuk mencari teks yang ingin kita edit.
Untuk lebih mudah, saya ambil bagian teks pertama pada intro game Zelda: Minish Cap seperti gambar di atas. 
Pilih String untuk mencari teksnya.
Note:
Orange: Edite atau untuk mulai edit teks pada game.
Biru: Copy atau untuk menyalin teks.
Merah: Cut atau untuk memotong teks.
Hijau: Paste, untuk menempel teks.
Ungu: Viewing, untuk melihat dan mengatur Text Table pada game.

Seperti gambar di atas, pilih ASCII dan set parameters.

Dan ini adalah hasil game Zelda: Minish Cap yang sudah saya edit..

Mungkin seperti itu saja yang bisa saya sampaikan untuk kalian,semoga bermanfaat.
Sekian dari saya.

Wassalamu'alaikum wr. wb.


10 comments:

  1. Untuk game file bin iso ps 1 bisa?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku blum pernah coba sih klo file .iso/.bin di game Ps1/PSP
      kayakny gk bisa klo pke Hex Editor, hrus bisa extrack file di dalamny baru bisa diedit

      Delete
  2. cara membuat teks translate hex editor menjadi file txt agar mudah di translate bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu aku blum tau carany gan, mungkin hrus pke PC, pake tools Kruptar

      Delete
  3. Bang game GBA, Mega man battle network 6, bisa ga bang?

    ReplyDelete
  4. Ini apa semua game gba bisa diedit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, asalkan tau text tableny agar terbaca teksny di Hex Editorny

      Delete
  5. Buatkan tutorial video plis bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, kapan² y klo ada kesempatan, aku buatin video tutorny

      Delete

Download Cyber Lords Arcology Java Bahasa Indonesia

Assalamu'alaikum wr. wb. Halo! Selamat malam, guys! Bertemu lagi denganku, Jack Au Revoir ! Seperti biasa, malam hari ini aku ingin m...